DeckzWAR News-EUROCARS Magz - JAWABAN PEUGEOT BUAT PENGGEMAR KECEPATAN.
Mesin Mi16 digunakan sebagai basis pengembangan dapur pacu Peugeot 206 WRC dan menyabet dua kali gelar juara dunia.Di kalangan penggemar Peugeot yang maniak kecepatan, Mi16 merupakan satu di antara mesin yang paling dicari.
Sederhananya, Mi16 merupakan mesin legendaris dari Peugeot buat para pemuja -kecepatan. Dalam sejarah, -Peugeot menghadirkan mesin Mi16 dalam dua pilihan kapasitas, 1905cc -(1,9-liter) dan 1998cc (2,0-liter) tipe DOHC (Double overhead camshaft).
Mesin Mi16 1,9-liter diaplikasikan pada Peugeot 405 periode - 1988-1992, sementara Mi16 dihadirkan Peugeot pada 405 periode produksi 1992-1994. Menjadi pertanyaan kemudian, dimana letak keunikan dari mesin Mi16?
Keunikan mesin Mi16 terletak pada luas area katupnya (valve area) yang mencapai 34,6mm. Ukuran angka tersebut memiliki pengaruh penting dalam mengatur jumlah aliran udara ke dalam ruang bakar, sehingga mesin memiliki durasi waktu yang cukup dalam memproses potensi tenaga secara maksimal.
Implikasinya, mesin 1,9-liter Mi16 mampu memuntahkan tenaga -puncak hingga 160 daya kuda. Dan jika dioprek lebih jauh mampu menghasilkan tenaga lebih -berlimpah.
Letak keunggulan mesin Mi16 tidak hanya terletak pada luas areal katupnya, namun desain kepala dan ruang silinder juga sangat impresif, sehingga membuat aliran udara -berjalan sangat baik. -Dampaknya mesin dapat menghasilkan output tenaga berlimpah dalam waktu singkat. Inilah faktor kritikal -penting yang disinyalir membuat para -engineer Peugeot merasa tidak butuh menerapkan variable valve timing.
Di samping itu, bahan aluminium alloy membuat bobot mesin Mi16 sangat ringan. Dengan kata lain meski posisi jarak terang tanah (ground clearance) mesin Mi16 tergolong tinggi, namun tidak memberikan banyak pengaruh pada pusat gravitasi (center of gravity) pada kendaraan.
Sumber Berita : EUROCARS Magz (Majalah)
Contact EUROCARS : ---
0 komentar:
Posting Komentar