Drawing the light

Selasa, 24 Januari 2017

Panduan Cara Memasang (Instal) Picture Style Kamera Canon

Jauh sebelumnya saya telah menulis artikel yang membahas tentang Picture Style.
Secara umum ada 7 pilihan default Picture Style pada kamera Canon dan 3 pilihan kostum yang bisa Anda ubah pengaturannya sesuai kebutuhan fotografi Anda.

Sebagai pemula, banyak yang tidak mengetahui bahwa kamera Canon memungkinkan untuk dipasangi Picture Style yang baru. Bahkan Canon sendiri menyediakan beberapa file Picture Style yang bisa diunduh (download) di halaman resminya. Nah, 3 pilihan kostum yang saya sebutkan di atas adalah tempat kita memasang file Picture Style yang baru. Sehingga Anda bisa memasang 3 Picture Style sekaligus di kamera Canon Anda.

Anda tak perlu bingung bagaimana cara memasangnya, karena di artikel ini saya akan memandu Anda bagaimana cara memasang (instal) Picture Style di kamera Canon. Dan di sini saya menggunakan Canon EOS 600D. Tak usah khawatir jika Anda menggunakan type kamera Canon yang berbeda, karena cara menginstalnya juga sama.


1. Sebelumnya, silahkan Anda instal aplikasi EOS utiliy, yaitu aplikasi bawaan Canon yang tersimpan dalam disk (CD) yang dipaketkan dalam dos kamera Canon Anda. Kegunaan aplikasi ini untuk menghubungkan kamera dengan PC atau laptop, dan lewat aplikasi ini lah kita akan memasang Picture Style yang baru. Tapi jika disk kamera Anda sudah hilang, maka silahkan download di sini aplikasi EOS utility sesuai type kamera Canon Anda.


2. Selanjutnya dowload file Picture Style di sini. Dan dalam tutorial ini saya menggunakan file "Autumn Hues".

3. Pastikan kamera Canon Anda tidak dalam keadaan aktif, lalu hubungkan kamera ke laptop menggunakan kabel data. Ingat! Kamera dalam keadaan "off" / tidak aktif.


4. Setelah kamera terhubung dengan laptop, hidupkan kamera Anda (jangan otak-atik kameranya). Lalu jalankan aplikasi EOS utility yang telah Anda instal sebelumnya.

5. Pada aplikasi EOS utility silahkan Anda pilih menu "Camera settings/Remote Shooting".


6. Kemudian silahkan pilih menu "Register User Defined Style".


7. Nah, sekarang Anda berada di box 3 Picture Style kostum. Di sini lah Anda bisa memasang (instal) Picture Style yang baru. Perhatikan gambar di bawah:


Pada gambar di atas ada yang saya lingkari dengan warna kuning yaitu 3 menu tab yang merupakan 3 Picture Style kostum (User Def. 1, User Def.2, User Def. 3). Anda bisa memilih salah satunya atau memasang sekaligus 3 Picture Style pada ketiga menu tab tersebut. Adapun cara memasang Picture Style yang baru yaitu klik apa yang saya lingkari dengan warna biru seperti pada gambar di atas. Kemudian pilih file Picture Style yang sudah Anda download sebelumnya. Dan di sini saya menggunakan file Autumn Hues. Selanjutnya untuk menyimpan / save silahkan klik tombol "OK".


8. Bila Anda sudah selesai memasang Picture Style yang baru, selanjutnya keluar dari aplikasi EOS utility, lalu off-kan kamera, kemudian lepaskan kabel data. Lakukan secara berurutan sesuai petunjuk saya untuk mencegah terjadinya kerusakan data pada kamera.

9. Picture Style siap digunakan. :)


Mudahkan? Setelah mengetahui cara memasang Picture Style, selanjutnya silahkan Anda berkeliling di kampung Google untuk mencari beberapa Picture Style untuk hasil foto yang unik. Dan yang paling terkenal saat ini adalah Picture Style buatan Kevin Wang.

Semoga bermanfaat, salam fotografi... :)


Deckz.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Hidup adalah sebuah perjuangan. Hadapilah dengan semangat. Hiduplah dengan semarak.

Weapon

Weapon

Theme Support