Drawing the light

Senin, 07 Mei 2012

Hadapi Pemilukada Putaran II Jeriko Galang Kekuatan Baru

deckzWAR- News, -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang memang belum menetapkan hasil perolehan suara pasangan calon dalam Pemilukada Kota Kupang Selasa (1/5) lalu. Namun, mengacu pada hasil pleno rekapitulasi ditingkat Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK), Pemilukada Kota Kupang sudah dipastikan berlanjut ke putaran kedua yang dijadwalkan berlangsung 27 Juni 2012.

Dua paket/pasangan calon yang dipastikan melenggang ke putaran kedua adalah paket SALAM (Jonas Salean-Herman Man) dan paket Jeriko (Jefri Riwu Kore-Kristo Blasin).

Dari hasil pleno enam PPK (Oebobo, Maulafa, Kelapa Lima, Alak, Kota Raja dan Kota Lama) yang berakhir Sabtu (5/5) lalu, paket SALAM yang maju dari jalur perseorangan unggul dengan 44.583 suara.

Sementara paket Jeriko yang diusung Gerindra, PDIP, Partai Demokrat, dan PDP berada diperingkat kedua dengan 39.566 suara. Karena dipastikan lolos ke putaran kedua, dua paket calon ini berusaha menggalang kekuatan dengan mendekati pasangan calon yang kemungkinan tidak lolos ke putaran kedua.

Kalau paket SALAM akhir pekan lalu menyambangi markas Partai Golkar NTT untuk meminta dukungan beringin, maka paket Jeriko pun demikian.

Calon walikota Jefri Riwu Kore kepada koran ini tadi malam (6/5) mengatakan, pihaknya tengah menggalang kekuatan baru sebagai modal menuju Pemilukada Putaran II, 27 Juni mendatang.

Jefri mengaku, dirinya telah melakukan komunikasi politik dengan empat paket calon, baik dengan Dua Dan (Daniel Adoe-Daniel Hurek), paket The Next (Yohana Victoria Lerik-Muhammad Wongso), paket AYO (Abraham Paul Liyanto-Yoseph Aman Mamulak), dan paket Sejahtera Kota (Melsiana Pelokilla-Corinus Tuan).

Dari komunikasi yang dibangun ini, lanjut Jefri, semuanya menyambut positif, hanya saja belum ada keputusan resmi karena masing-masing paket masih menunggu keputusan final KPU Kota Kupang mengenai hasil Pemilukada.

"Kami (Jeriko, red) sudah membangun komunikasi dengan empat paket calon termasuk dengan sejumlah partai pendukungnya. Dengan paket The Next, paket Sejahtera Kota, paket AYO saya sudah berkomunikasi, hanya belum ada keputusan. Mereka mengatakan tunggu dulu hasil keputusan final KPU, setelah itu baru diambil sikap mau dikemanakan dukungan mereka," kata Jefri.

Saat ditanyai partai mana saja yang sudah didekati, dengan alasan strategi, Jefri belum bersedia membeberkan komunikasi-komunikasi politik yang sudah dia bangun bersama timnya. "Pokoknya kita intens melakukan komunikasi untuk membangun kebersamaan. Kita ingin bangun sebuah kekuatan baru menghadapi Pemilukada Putaran II nanti," tandas Jefri.

Masih menurut Jefri, untuk memaksimalkan raihan suara dalam Pemilukada Putaran II, selain membangun komunikasi dengan paket calon dan parpol pendukungnya, pihak Jeriko juga intens membangun komunikasi berupa sosialisasi ke masyarakat Kota Kupang. "Kita bangun pendekatan secara kekeluargaan melalui sosialisasi. Seluruh elemen kita kerahkan," ungkap Jefri.

Paket Sejahtera Kota melalui Ketua Tim Pemenangan Keluarga, John Fanggidae mengaku paket mereka baru akan menentukan arah politik ke depan pasca penetapan hasil rekapitulasi suara/penetapan jumlah suara calon Selasa (8/5) besok.

Menurut John Fanggidae, paket Sejahtera Kota sampai saat ini belum bisa menentukan sikap karena belum ada penetapan resmi rekapitulasi surat suara dan penetapan yang bakal lolos pada putaran kedua.

"Kalau sudah ada penetapan resmi dari KPU barulah Paket Sejahtera Kota ikut menentukan sikap apakah akan memilih bergabung ke paket Salam atau Jeriko," ujar John kepada Timor Express, Minggu (6/5).

Pleno KPU

Sementara itu, Ketua KPU Kota Kupang, Daniel Ratu kepada Timor Express mengatakan, hari ini (7/5) KPU mulai melakukan pleno penghitungan dan penetapan perolehan suara semua paket pasca pencoblosan tanggal 1 Mei lalu.

Dijelaskannya, hasil rekapitulasi dari PPK di enam kecamatan saat ini sudah diserahkan ke KPU Kota Kupang untuk proses selanjutnya yakni penghitungan dan penetapan.

Ditanyai soal jumlah pemilih yang tidak mengikuti pencoblosan, Daniel Ratu, mengatakan, hal ini akan diketahui oleh KPU dan publik pada saat proses penghitungan dan penetapan. Pelaksanaan pleno, jelasnya akan dilaksanakan di Kantor KPU Kota Kupang bersama PPK, tim pemenang enam paket maupun Panwaslukada Kota Kupang.

Terpisah, Ketua Panwaslukada Kota Kupang, Herina Mauboy, menjelaskan, Panwaslukada Kota Kupang akan hadir untuk menyaksikan secara langsung proses pleno sampai penetapan jumlah perolehan suarah sah enam paket dalam Pemilukada Kota Kupang.

"Dengan dilaksanakannnya pleno penetapan maka akan ada hasil resmi dari KPU Kota Kupang sebagai penyelenggara Pemilukada Kota Kupang. Ini agar publik bisa tahu karena beberapa hari terakhir ini santer bermunculan prediksi maupun klaim suara yang beredar di tengah masyarakat," ujar Herina.

Dijelaskannya, dalam pantauan dan pengawasan Panwaslukada, ditemukan banyak persoalan terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat hari pencoblosan. Persoalan-persoalan tersebut, sebut Herina, banyak pemilih yang tidak terdaftar, banyak yang terdaftar namun tidak dikenal, sudah didaftar namun nama tidak ada di DPT.

"Persoalan-persoalan ini kami rekomendasikan ke KPU Kota Kupang untuk melakukan pertanggungjawaban secara administrasi," jelas Herina.

Selain itu juga, katanya, pelanggaran yang akan direkomendasikan adalah atribut pasangan serta posko-posko pasangan calon yang masih terpasang sampai hari pemumungutan suara. "Soal atribut dan posko-posko tersebut telah kami surati namun ternyata tidak diindahkan. Ini akan diproses oleh Panwaslukada Kota Kupang," jelasnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Hidup adalah sebuah perjuangan. Hadapilah dengan semangat. Hiduplah dengan semarak.

Weapon

Weapon

Theme Support